Archive for November, 2010

Roti Ubi merah

Kemaren senin, 29 nov 2010, sampe rumah masih jam 6 sore, yeay! Ritual, mandi langsung main sama adib, pas maen sambil mikir, bawa apa buat bekal adib besok yaaa… *balada emak2 πŸ˜€

Kepikiran mau bawa roti yg dibentuk 1/2 lingkaran dipanggang sampe mengering kemudian diisi telur,wortel dan udang yg direbus diberi mayones. Sambil mikir lagi, liat buku resep, Begitu liat resep roti, kok ya tetep ya ngileeeeeeeeeeeeeer banget liatnya, inget2 ada stock Ubi merah alias sweet potato , Ya sudah, mangkok roti ditunda dulu, kita bikin roti Ubi sendiri, soalnya pernah beli di All Fresh, roti ubi nya enaaaaak banget, empuk dan rasa ubi , love it!

Sebenarnya kalo dari resepnya, ini modifikasi sedikit dari resep Potato bun yg pernah aku bikin ,kali ini aku bikin ala roti sobek, karena resep ini bener2 empukkk, entah karena si ubi merah nya yang memang manis dan empuk, berikut resepnya :

Bahan:

300gr tepung terigu protein tinggi
100gr tepung terigu protein sedang
30 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
300 gr ubi merah, kukus, haluskan dan dinginkan
800 gr gula psir
75 gr mentega
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Filling:
* DCC parut
* Keju parut dicampur dengan sedikit butter

Cara membuatnya:

1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan ubi halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Tututp dgn clean-wrap dan Istirahatkan 15 menit atau sampai mengembang 2x lipat.
3. Siapkan loyang, oles dengan sedikit butter, merata. Tinju adonan sampai kempes.
4. Bagi adonan, masing-masing 40 gr, bulatkan. Beri Isian keju atau coklat, tutup dengan clean-wrap, diamkan 20-30 menit atau mengembang sampai 3x lipat.

5. Panggang dengan suhu 160dC selama kurang lebih 20 menit.

 

Nunggu proses fermentasi lumayan lama kan, jadi aku, adib ma mbak dewi bisa maen lagi, lanjut dengan menggambar πŸ™‚ Adib menggambar awan, maksa minta dipoto, karena itu awan favoritnya ,, hi hi hi….

Yeayyyyyyyyyyy! begitu keluar ove, bau harum semerbak, dan warna nya yg kuning sedikit orange itu begitu cantik dilihat, Ubi merah nya bener2 menghasilkan warna yg cantik di adonan πŸ™‚

Begitu roti dingin, adib yg uda dari awal nungguin rotinya sampai bolak balik dapur, langsung ambil 1 potong yg tanpa isi, sedangkan aku yg isi coklat, eh… pas adib nyobain yg coklat, langsung stop yg tanpa isi, beralih ke isi coklat, dan habis 2 potong πŸ™‚ Sambil main LUDO berempat, aku, adib , mbak dewi dan mbak pit.

Sisa rotinya, separuh adonan tepatnya, disimpan dikulkas, dan dipanggang lagi pagi tadi, sebagai bekal adib sekolah, cemilan aku ma ayah di kantor… masih ngiler liat rotinya yg tergeletak di meja kantor :p

Advertisements

Mini Tiny Pukis Kentang

Sabtu, 27 nov 2010, kemaren, pas ke pasar, ga tau kenapa, kok jadi pengen ya pukis yg dijual di pasar, tapi ga pernah berani beli πŸ˜€ , maklum, emak2 parno an kalo ngasih makan buat adib πŸ˜€ Jadi dipikir2 sambil belanja ikan…. jadinya, beli aja deh cetakan Pukis, pas sampe di toko kelontong di pasar, ada cetakan pukis standart yg gede, tapi si abangnya juga nunjukin cetakan kue rangi, kue khas betawi yg dari kelapa parut, dan bentuknya mirip pukis,, kok aku naksir ya ma cetakan kue rangi ini, soalnya mini, jadi bisa bikin pukis mini deh πŸ™‚ yg cuma sebesar jempol orang dewasa, kecil banget kan, sekali hap kalo buat kita orang gede πŸ™‚

Sampe rumah, tancap gas, browsing, mau bikin pukis pake resep apa ya… mentok, ya sudahlah. Jalan2 aja dulu ke PP, kebetulan waktu itu mau ketemuan ma VB yg uda jauh2 dari semarang tapi ga ketemu juga *maap ya maaaak* , dan ternyata si bumil Arie, tiba ikutan komen di twitter, mau gabung ke PP, hayuksss, jadi rame deh… tapi o tapi , batal ketemu VB, dan jadinya nyushi aja ama Arie , ma ayah juga πŸ™‚

Abis nyushi, adib nagih Kidzania…….. hmmmmmmmm,, jadinya gempor deh nemenin adib maen di kidzania dari jam 3 sore ampe jam 8 malem! Bener2 deh si adib ini anak mall banget.. ckckckc

Malem sampe rumah uda tepar,, besok nya (minggu 28 nov 2010), mau jalan2, eh si adib ogah keluar rumah,,, uda dirayu ampe teler , tetep ga mau jalan2.. ” adib capek bunda, maunya maen dirumah aja, Kalo ayah bunda pergi, nanti adib marah lho!” … anak gw ngancem bowww! jadilah seharian dirumah, jadinya ada kesempatan deh bikin si pukis ini :p

Resep didapet dari blogwalking mampir di Ine Sena . Berikut :

Bahan :
200 ml susu
Β½ sdm ragi instan
50 ml air hangat
3 butir telur ayam
80 g gula pasir
150 g tepung terigu
1 buah kentang ukuran sedang, cuci bersih, potong 2, rebus hingga empuk, haluskan

Topping :
keju chedar potong memanjang
coklat meises warna warni

Cara membuat :
1. Masak susu hingga mendidih. Angkat. Diamkan hingga hangat.
2. Aduk ragi dengan air hangat hingga berbuih, yg gw nggak sampe berbuih banget tapi tetep bagus hasilnya.
3. Kocok telur dan gula hingga kental dan mengemban, matikan mixer
4. Tambahkan terigu sedikit-sedikit sambil aduk hingga rata, aduk balik
5. Masukkan larutan ragi lalu kentang halus disusul susu hangat, aduk.
6. Diamkan selama 15-30 menit.
7. Panaskan cetakan pukis dengan api kecil-sedang.
8. Olesi lubang cetakan dengan unsalted butter, tuang adonan hingga 2/3 penuh, lalu tutup.
9. Jika bagian atas sudah mulai matang/tidak basah letakkan keju atau meises, tutup selama 15-20 detik (hingga keju sedikit meleleh atau coklat meises menempel), buka tutupnya, angkat kue dari cetakan.
10. Biarkan kue hingga adem, siap dihidangkan.

Pas baru mateng, ayah lagi tidur siang, dan adib sibuk maen, ga mau nyentuh si pukis, dia bilang ga enak,,hiksss… karena tampilannya standart memang. Jadi puter otak lagi… aha! Karena si pukis berbentuk 1/2 lingkaran, jadi mirip perahu, aku tawarkan adib untuk membuat layar yang nantinya akan ditusukkan diatas “Perahu Pukis” nya πŸ™‚

Ambil kertas, double tape dan tusuk gigi. Bikin pola bendera di kertas, biarkan adib yg menggambar, tentu saja, beberapa bendera saya ikut menggambar :p

Jadinya……..ta raaaaaaa…..

Dan 1 porsi yg terdiri dari 8 mini pukis ini, habis dimakan adib πŸ™‚

For note, kita juga ga perlu memberi filling apapun dipukisnya, alias polosan juga uda enak kok πŸ™‚ Kalo si ayah, maunya Polos, terus ditaburin susu kental manis putih dan taburan keju yg banyaaak.. jadi inget pukis keju yg ga pernah lupa kita beli kalo lagi kencan di Yogurt Cisangkuy jaman pacaran dulu :p

..:: diah Re ::..

Dark chocolate chiffon cake

Nyobain resep ini karena naksir gambar pas blogwalking ke Vin’s … dan pas dicoba, ternyata memang bener2 kue ini “soft and moist” . Bener enak! dan nyoklat πŸ™‚ Sepertinya, aku jatuh cinta berat ma ni kue πŸ˜€ *lebay

Ini resepnya :

100 gr terigu protein rendah
15 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
75 ml susu cair
50 gr dcc
60 gr minyak goreng
1 sdt cokelat pasta
5 kuning telur, kocok lepas
7 putih telur
1/4 sdt garam (skip)
1/2 sdt cream of tartar (skip)
80 gr gula pasir

cara:
1. Ayak terigu, coklat bubuk dan baking powder.
2. Panaskan susu cair, masukkan dcc aduk sampai larut. Tambahkan minyak goreng dan cokelat pasta. Aduk rata.
3. Tuang sedikit-sedikit ke campuran terigu, aduk perlahan sampai rata. Tambahkan kuning telur, aduk rata.
4. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan garam dan gula pasir, kocok mengembang.
5. Tuang putih telur dalam beberapa tahap ke adonan kuning telur. Aduk sampai rata.
6. Tuang ke loyang chiiffon tanpa dioles apa-apa.

7. Panggang dengan suhu 150 derajat celcius sampai matang.

Dan tangan2 ga sabaran pas mau foto kue ini mulai mengganggu, akhirnya, si kueh dicomel2 ampe bopel. Dan ga sampai 15 menit, 1 loyang abis, ludes dimakan ayah ma adib berdua πŸ™‚ * a happy mom is smilling πŸ™‚

..:: diah Re ::..

Apple Goreng

Where will i started this story……. hmmm… tentu saja, CICIK!

Ceritanya,, mau ngumpul Supermoms di rumah Risna, pas waktu itu ada Garet ma Dhira juga, yup cuma ber-4 kalo ga salah yg ngumpul di rumah risna…abis itu mau ke Kemang kalo ga salah, disana ketemu echal.Β  Disana ternyata cicik bawa kokoh nya, yg lagi promosiin panci icook *really love this pan*. Trus pas demo-in panci, wook etc, si kokoh bikin apple goreng, reaksi pertama dari kita semua ” wouwwww..ternyata apple bisa digoreng dan enak banget!” πŸ™‚

So,ini modif resep dari ku, karena hilang catatan resep dari si cicik nya, jadi aku bikin apple goreng kriuk seperti bikin adonan pisang kriuk :p

Bahan :
– 1 buah apple Fuji ukuran besar
– 1 butir telur ayam
– 1/2 sdm gula pasir
– 3 sdm tepung terigu protein sedang
– 1/2 sdt Baking powder
– 50-75 ml susu cair
– Minyak untuk menggoreng

Cara :
1. Kupas apple, Iris tipis apple nya, usahakan setipis mungkin, ketebalan sekitar 0.5cm
2. Dalam wadah, kocok perlahan dengan whisk : Telur, gula, tepung, baking powder dan susu, aduk merata sampai kekentalan yg diinginkan (atur penggunaan susu)
3. Siapkan minyak, rendam apple dalam adonan telur, kemudian goreng. Saat apple habis, buat kriuk dari sisa adonan telur.

Adib cinta banget ama kriuk si apple goreng ini, jadi diperbanyak deh kriuknya. Tetep ga bole sering2 bikin si kriuk ini, karena digoreng πŸ˜€

Kalo adib sukanya dituangin selai stawberry, sedangkan ayah lebih suka pake susu kental manis, karena memang basic adonan tepungnya tidak terlalu manis

..:: diah Re ::..

Bola Coklat dari biskuit susu

Resep ini utk sajian singkat ke sekolah πŸ™‚ karena kebanyakan bahan2-nya uda jadi, tinggal disatuin aja semua.Aku pertama kali bikin resep ini bareng si Rean .

 

 

Bahan :
1/2 isi dari 1 kemaren marie Regal,hancurkan
100gr DCC, lelehkan
meises coklat

Cara :
1. Campurkan remahan marie dengan coklat leleh, aduk rata, bentuk bulatan.
2. gulingkan bulatan tersebut diatas meises coklat, simpan di dalam kulkas selama 5 menit. Sajikan

..:: diah Re ::..

Cake coklat apple keju

Cake ini lucu kalo disajikan, karena choco filling ditengahnya itu yg menggoda πŸ™‚ tapi untuk kue coklatnya, sepertinya harus berkreasi lagi, kalo pake resep kue coklat nya Black forestnya NCC kayanya lebih mantap πŸ™‚

Bahan:
125 gr mentega
175 gr gula kastor
2 btr telur
3 sdm cokelat bubuk larutkan dengan 50 ml air panas
200 gr tepung terigu
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder

Adonan Cokelat Hijau:
125 gr krim keju
1 btr telur
1/2 sdt vanila
100 gr cokelat hijau rasa apple, tim hingga leleh (bisa diganti dengan varian coklat yg lain, misal white chocolate)

Olesan cokelat:
125 gr cokelat masak, tim hingga leleh
75 ml krim asam
75 gr gula halus

CaraΒ  membuat :
1.Kocok mentega dan gula hingga gula larut,lembut dan mengembang.
2.Masukkan telur satu persatu, kocok hingga rata.
3.Masukkan cokelat bubuk yang sudah dilarutkan, aduk rata, masukkan tepung terigu, aduk hingga rata.
4.Siapkan loyang bundar lubang tengah diameter 20 cm. Olesi margarin, taburi tepung terigu, tuang 2/3 bagian adonan cokelat, ratakan.
5.Adonan cokelat hijau: kocok krim keju hingga lembut, masukkan telur, kocok rata, kemudian tuang cokelat hijau leleh, aduk rata.Tuang semua adonan coklat hijau ini diatas adonan coklat.
6.Tuang sisa adonan cokelat,diatas adonan hijau, ratakan. 7.Panggang dalam oven panas dengan suhu 180 derajat celsius selama 40 menit. Angkat, dinginkan.
8.Olesan cokelat: aduk cokelat leleh dengan krim asam dan gula bubuk hingga licin.Siram olesan cokelat ke atas permukaan cake hingga rata.
9.Hias atas cake dengan cokelat putih leleh yang dimasukkan dalam kantong segitiga. Tambahkan hiasan dari cokelat.

..:: diah Re::..

 

 

Klapatart Wilton

Resep andalan favorit πŸ™‚

– 1000 cc fresh milk
– 200 gr gula pasir
– 50 gr tepung terigu
– 50 gr tepung custard
– 50 gr maizena
– 150 gr mentega
– 6 btr kuning telur
– 3 btr kelapa muda
– 100 gr kenari/almond panggang cincang,sangrai
– 1 sdm kayu manis bubuk

Topping :
– 6 btr putih telur
– 4 sdm gula pasir
– 2 sdm tepung terigu
– kismis direndam air hangat dan rhum (optional)
– kayu manis bubuk

Cara Membuat :
1. Panaskan 800 cc fresh milk dan gula pasir
2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
3. Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus
sampai mengental dan meletup-letup
4. Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata
5. Masukkan kenari dan kayu manis bubuk
6. Masukkan kuning telur satu persatu
7. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
8. Masukkan adonan kedalam cup sampai ΒΎ tinggi
9. Bakar dengan cara ditim selama 15 menit dengan suhu 160Β° sampai Β½
matang
10. Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit
sedikit sampai kaku
11. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
12. Semprotkan toping keatas adonan Β½ matang sampai cukup tinggi, taburi
dengan kismis dan kayu manis bubuk
13. Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan

..:: diah Re::..