Mini Tiny Pukis Kentang

Sabtu, 27 nov 2010, kemaren, pas ke pasar, ga tau kenapa, kok jadi pengen ya pukis yg dijual di pasar, tapi ga pernah berani beli😀 , maklum, emak2 parno an kalo ngasih makan buat adib😀 Jadi dipikir2 sambil belanja ikan…. jadinya, beli aja deh cetakan Pukis, pas sampe di toko kelontong di pasar, ada cetakan pukis standart yg gede, tapi si abangnya juga nunjukin cetakan kue rangi, kue khas betawi yg dari kelapa parut, dan bentuknya mirip pukis,, kok aku naksir ya ma cetakan kue rangi ini, soalnya mini, jadi bisa bikin pukis mini deh🙂 yg cuma sebesar jempol orang dewasa, kecil banget kan, sekali hap kalo buat kita orang gede🙂

Sampe rumah, tancap gas, browsing, mau bikin pukis pake resep apa ya… mentok, ya sudahlah. Jalan2 aja dulu ke PP, kebetulan waktu itu mau ketemuan ma VB yg uda jauh2 dari semarang tapi ga ketemu juga *maap ya maaaak* , dan ternyata si bumil Arie, tiba ikutan komen di twitter, mau gabung ke PP, hayuksss, jadi rame deh… tapi o tapi , batal ketemu VB, dan jadinya nyushi aja ama Arie , ma ayah juga🙂

Abis nyushi, adib nagih Kidzania…….. hmmmmmmmm,, jadinya gempor deh nemenin adib maen di kidzania dari jam 3 sore ampe jam 8 malem! Bener2 deh si adib ini anak mall banget.. ckckckc

Malem sampe rumah uda tepar,, besok nya (minggu 28 nov 2010), mau jalan2, eh si adib ogah keluar rumah,,, uda dirayu ampe teler , tetep ga mau jalan2.. ” adib capek bunda, maunya maen dirumah aja, Kalo ayah bunda pergi, nanti adib marah lho!” … anak gw ngancem bowww! jadilah seharian dirumah, jadinya ada kesempatan deh bikin si pukis ini :p

Resep didapet dari blogwalking mampir di Ine Sena . Berikut :

Bahan :
200 ml susu
½ sdm ragi instan
50 ml air hangat
3 butir telur ayam
80 g gula pasir
150 g tepung terigu
1 buah kentang ukuran sedang, cuci bersih, potong 2, rebus hingga empuk, haluskan

Topping :
keju chedar potong memanjang
coklat meises warna warni

Cara membuat :
1. Masak susu hingga mendidih. Angkat. Diamkan hingga hangat.
2. Aduk ragi dengan air hangat hingga berbuih, yg gw nggak sampe berbuih banget tapi tetep bagus hasilnya.
3. Kocok telur dan gula hingga kental dan mengemban, matikan mixer
4. Tambahkan terigu sedikit-sedikit sambil aduk hingga rata, aduk balik
5. Masukkan larutan ragi lalu kentang halus disusul susu hangat, aduk.
6. Diamkan selama 15-30 menit.
7. Panaskan cetakan pukis dengan api kecil-sedang.
8. Olesi lubang cetakan dengan unsalted butter, tuang adonan hingga 2/3 penuh, lalu tutup.
9. Jika bagian atas sudah mulai matang/tidak basah letakkan keju atau meises, tutup selama 15-20 detik (hingga keju sedikit meleleh atau coklat meises menempel), buka tutupnya, angkat kue dari cetakan.
10. Biarkan kue hingga adem, siap dihidangkan.

Pas baru mateng, ayah lagi tidur siang, dan adib sibuk maen, ga mau nyentuh si pukis, dia bilang ga enak,,hiksss… karena tampilannya standart memang. Jadi puter otak lagi… aha! Karena si pukis berbentuk 1/2 lingkaran, jadi mirip perahu, aku tawarkan adib untuk membuat layar yang nantinya akan ditusukkan diatas “Perahu Pukis” nya🙂

Ambil kertas, double tape dan tusuk gigi. Bikin pola bendera di kertas, biarkan adib yg menggambar, tentu saja, beberapa bendera saya ikut menggambar :p

Jadinya……..ta raaaaaaa…..

Dan 1 porsi yg terdiri dari 8 mini pukis ini, habis dimakan adib🙂

For note, kita juga ga perlu memberi filling apapun dipukisnya, alias polosan juga uda enak kok🙂 Kalo si ayah, maunya Polos, terus ditaburin susu kental manis putih dan taburan keju yg banyaaak.. jadi inget pukis keju yg ga pernah lupa kita beli kalo lagi kencan di Yogurt Cisangkuy jaman pacaran dulu :p

..:: diah Re ::..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: