Ayam Kodok Special

Sebenernya uda lama kenal ayam kodok ini, tepatnya sejak aku mulai pindah ke paviliun si mbak Ria, sekitar tahun 2006. Awalnya ngekos dideket sana, tapi pas paviliunnya kosong, aku milih pindah, luas banget sih paviliunnya plus yang penting ada dapur dan ruang tamu, walopun hanya 1 kamar saja, tapi lumayan.

Mbak ria si pemilik paviliunku ini sering banget bikin ayam kodok,emang enak banget, aku sempet belajar, tapi ga terlalu sering bikin, eh sekitaran tahun 2009, si ayam kodok ini jadi booming banget di milis NCC, semua mencoba kreasi ayam kodoknya, jadi aku mulai belajar lagi, hihihi …

Resep ayam kodokku sedikit berbeda dengan yang di milis NCC, semua ini aku coba dari pengalamanku ma mbak Ria dan tetanggaku yang satu lagi, si mbak Riny, berikut resepnya :


Bahan:
1 ekor ayam utuh
Daun bawang iris tipis
1 butir telur
4 butir telur rebus
50-75 ml susu cair

Isian :
2 lembar roti tawar
100gr Daging ayam giling
150gr daging sapi giling
100gr hati sapi
100gr udang
4 Siung bawang putih
Garam
Lada
Gula
Pala bubuk

Polesan :
Madu dicampur dengan Lada
Butter
Kecap manis

Hiasan:
Selada air
Wortel rebus
Buncis rebus
Timun
Kentang

Cara :
1. Siapkan ayam, lebih baik jika ayam sudah direndam air dan disimpan dikulkas semalaman atau minimal 3 jam, agar mudah utk menguliti ayam
2. Kuliti ayam sedemikian rupa (lebih enak kalau liat videonya), sehingga semua bagian dalam ayam bisa terlepas dari kulitnya dan yang tersisa hanya bagian paha dan sayap ayam saja, Rendam kulit ayam pada perasan jeruk nipis, tiriskan.
3. Bagian dalam ayam yang dikeluarkan tadi, ambil daging ayam nya, sisihkan
4. dengan bantuan food processor, campur daging ayam tersebut dengan semua bahan isian sampai tercampur rata, sisihkan.
5. campur bahan isi dengan 1 butir telur, daun bawang dan susu cair.
6. Ambil kulit ayam, masukkan adonan isi dan telur rebus kedalam kulit ayam tersebut hingga berbentuk seperti ayam utuk kembali, jahit bagian-bagian yang terbuka.
7. Kukus ayam selama kurang lebih 30 menit, tusuk dengan tusuk gigi setiap beberapa saat.
8. setelah dikukus, oles ayam dengan campuran madu dan lada merata, kemudian dioles kembali dengan butter. Panggang ayam 180dC selama 30 menitt, setengah perjalanan memanggang, jangan lupa utk memoles tipis ayam dengan kecap. Panggang hingga coklat keemasan.
9. Sajikan ayam dengan lalapannya dan saos kesukaan.

Kalo aku saosnya terbuat dari bawang putih dan bawang bombay yang ditumis dengan butter dan dicampurkan dengan saos tomat botolan, kecap inggris, kecap ikan, garam, gula dan lada, yang kemudian diberi air sedikit hingga kental.

Ayam kodok ini cocok banget jadi hantaran atau pesta ulang tahun, alternatif pilihan yang lain selain kue🙂


..:: diah Re ::..

    • Erna
    • January 6th, 2011

    Diaaaahhh,

    uuuh ngiler deh liat hasil masakan-masakannya. Kapan yah aku bisa? Ajarin dunk Di….

  1. erna , hayuk… bole main kerumah, belajar sama2 yuks🙂

    • Erna
    • January 12th, 2011

    Diaaah,

    Aku kan udah ga di JKT lagiii, udah pindah ke smg. Hehehehe

  2. keknya enak tuh

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: