Udang Keju

Udang udang dan udang, kenapa milih protein jenis ini, karena ini favorit adib😀 Adib suka banget ama udang, dan lagian udang paling cepet dimasak kalo lagi nyiapin bekal sekolah *alesan emak pemalas*

Udang keju ini sebenernya resep jiplak. jadi si ayah waktu itu makan di Penang bistro yang di Kebun sirih dan ada menu Udang diberi keju, dan kata ayah enak! Deskripsiin menunya kaya gimana, aku coba2 dirumah, dan ternyata ini jadi menu favorit kita semua🙂

Yang unik dari udang keju ini, kita bisa mencampurkan apa aja bahan rendamannya, sesuai selera dan bisa dikukus atau dipanggang. Kalo buat yang dewasa, hendaknya pilih udang yang belum dikupas kulit atau dibuang kepalanya, jadi benar2 udang berukuran besar hanya dibersihkan luarnya saja, dan dibelah perutnya dengan kulit tetap terpasang, sesaat akan dimasak, dimasukkan keju utuh ke dalam perutnya, ini yang bikin jadi enak.

Tapi karena ini buat adib dan menu sekolah, otomatis harus yang mudah dimakan, jadi semua kulit aku kupas, dan keju yang seharusnya masuk dalem perut, hanya ditaburi diatasnya saja.

Bahan :
Udang ukuran besar
Keju parut/potong memanjang

Rendaman :
Saos tiram
Kecap inggris
Kecap jepang
Madu
Kecap ikan
Garam Gula Lada
Bawang putih cincang halus

cara :
1. Untuk udang ada 2 versi pengerjaan, yang pertama jika disajikan untuk anak2, lebih baik udang dibersihkan seluruhnya, bagian kulitnya pun harus bersih total, baru dibelah punggunya untuk mengeluarkan kotoran udang, belah tapi tidak putus. Jika utk orang dewasa, biarkan kulit dan kepala udang tetap dipakai, tapi belah bagian perutnya memanjang dari leher sampai menyentuh ekor, belah hingga hampir menyentuh kotoran udang utk mengeluarkan kotorannya.
2. Utk keju,versi anak2, lebih baik keju diparut, sedangkan utk hidangan dewasa, keju dipotong memanjang utk dimasukkan ke dalam perut udang.
3. campur semua bahan isian merata, rendam udang sampai seluruh bagian tercelup, tambahkan air sedikit jika perlu. Simpan udang di dalam kulkas selama minimal 30 menit atau semaleman lebih baik.
4. Tiriskan udang setelah direndam, Utk anak2, bentangkan udang yang telah dibelah kemudian ditaburi keju, sedangkan utk dewasa, sisipkan keju potong kedalam perut udangnya.
5. Udang keju siap dikukus atau dibakar sesuai selera.


Aku berani jamin, udang keju ini cocok buat menu makan siang atau malem bahkan buat bekal sekolah, didampingin dengan stik roti atau kentang. Dan dicocol dengan saos sambal utk dewasa ataupun mayones utk anak2. Yummy…

Bekal ini buat adib sekolah hari ini, memperingati hari ibu, jadi ada kegiatan di luar sekolah, yaitu FUTSAL! dan yang lebih bikin shock, bareng ama emaknya,,waduh! ini kedua kalinya adib acara futsal di sekolah, yang pertama acara futsal ma bapak2, jadi enak,aku bisa santai,karena ayah kan emang pencinta bola. lah kalo yang kemaren, ama emaknya, waduh…mana sampe lapangan futsal, aku males ganti baju, kirain ga bakal disuruh maen eh trnyata tetep disuruh maen juga, huhuhu… Saltum deh!
..:: diah Re ::..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: