Rawon

Masakah khas jawa timur yang selalu jadi favorit dirumah🙂 Ayah ga terlalu suka rawon yang menggunakan daging khas dalam, jadi kalo bikin rawon, aku selalu pake iga, atau daging semur, yang jelas, daging yang ada ototnya


Rawon

Bumbu halus :
5 Bawang putih
4 Bawang merah
1 ruas jari Laos
1 ruas jari Kunyit
1 ruas jari Jahe
3 Cabe merah besar (atau jika suka pedes bisa diganti 5 cabe keriting)
Pala sedikit
1 sdm Ketumbar
1/2 sdt Lada
4-5 Keluwek yg bulat
1 sdm asam jawa dicampurkan dengan 3 sdm air, diambil air nya saja
Garam
Gula

Bahan :
4 bawang putih iris
5 bawang merah iris
3 lembar daun jeruk
3 sereh pipihkan
1kg daging (bisa iga, khas dalam atau daging semur)
minyak untuk menumis

Tambahan :
Taoge pendek
Sambal terasi
Krupuk
Telur asin

Cara :
1. Haluskan semua bumbu halus.
2. Tumis minyak, masukkan bawang putih dan bawang merah iris sampai wangi.
3. Masukkan bumbu halus, tumis sampai harum, tambahkan daun jeruk dan sereh, tumis
4. Tuang daging, tumis dengan bumbu hingga merata diseluruh permukaan dagin.
5. Masukkan air, masak hingga matang merata.

Note :
Daging bisa direbus terlebih dahulu untuk menghindari kolesterolnya, kemudian ditiriskan, dan bisa diolah sesuai langkah pembuatan rawon tsb.


Rawon merupakan menu yang tahan lama, bisa 2-3 hari asal selalu dihagatkan, rawon ini akan awet, kalo ga habis, bisa lho digoreng dan diberi sambel terasi, jadi deh Daging/Iga penyet🙂

..:: diah Re ::..

  1. Baik,.. aku di Jakrta nehh

    • ayo bole kerumah, dengan janji tapi :p soalnya nanti rawonnya ga siap, hahahaha… ama si mas nanang donk maennya

  2. kangen rawooonnnn

    • Waaahh..mampir kerumah ya seharusnya wiken kemaren. Pa kabar pakde?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: