Baked Rigatoni

Nungguin adib bangun, sambil mikir mau buat sarapan apa buat adib nanti atau yang bisa dijadiin bekal, soalnya emang hari ini adib uda kita setujuin untuk ga sekolah karena lagi sedikit flu *uda mau sembuh

Ga tau mau bikin apa, yang penting keluarin dulu aja udang, ayam ma cumi. Yang jelas cuminya mau dibikin calamari, tapi udang ma ayam mau dibikin apa ya?

Nongkrong lumayan lama depan tv sambil mikir, ya udalah, pasta aja. Liat perbekalan , ada lasagna, rigatoni , macaroni, penne ma spagetthi. Oke pilihan jatuh ma rigatoni ini. Btw, jangan kaget ya kalo aku punya persediaan pasta macem2, ini karena pasta paling gampang dibikin kalo lagi males, dan kebetulan adib suka pasta, jadi biar variasi aja kalau pas lagi makan pasta🙂

Ngerebus Rigatoni ini lumayan tricky lho, ini kedua kalinya aku coba ngerebus, aku ga pengen kaya yang pertama, semua rigatoninya hancur pecah. Resep yang aku pake sebenernya basicnya resep lasagna panggang, hanya saja kali ini modif dikit niru Canaloni panggang yang lagi ngetrend itu. Rigatoni sebenernya mirip lho ma Canaloni, dia berlubang besar, tapi pendek, tidak sepanjang canaloni, dan lubangnya lebih kecil sedikit daripada Canaloni, aku ga sempet motoin Rigatoni nya, disupermarket banyak kok, googling juga bisa ketemu😀

Baked RIgatoni
(2 porsi sedang)

Bahan :
25 buah Rigatoni
2 paha ayam, ambil dagingnya saja
10 udang ukuran besar, buang kulitnya
2 bawang putih
Garam
Lada

Saos Tomat:
2 buah tomat, rebus sebentar, buang kulitnya, cincang/blender.
1 bawang putih cincang halus
1/4 bagian bawang bombay ukuran besar, cincang halus
Garam
Lada
1 sdm butter

Saos Putih:
1 buah bawang putih, cincang halus
1/4 bagian bawang bombay ukuran besar, cincang halus
250ml susu cair
1-2 sdt maizena yang dilarutkan dengan sedikit susu cair.
100gr keju parut
Lada
1 sdm butter

Cara :
1. Rebus Rigatoni sampai al dente, sisihkan.
2. Saos tomat : Tumis butter dengan bawang putih dan bawang bombay, masukkan tomat, tumis hingga air tomat menyusut setengahnya dan mengental, tambahkan garam dan lada.
3. Saos putih : Tumis butter, masukkan bawang putih dan bawang bombay, tumis hingga harum. Tuang susu cair, masukkan keju, aduk hingga mendidih dan sedikit kental, tambahkan lada. Beri sedikit maizena cair, dan kentalkan.
4. Dengan bantuan food processor/penggiling, haluskan daging ayam, udang dan bawang putih serta garam dan lada menjadi satu.
5. Masukkan ayam dan udang yang sudah dihaluskan ke dalam plastik segitiga (piping bag), ambil 1 Rigatoni, semprot daging tersebut kedalam lubangnya secara perlahan hingga penuh, lakukan sampai rigatoni habis.

6. Susun Rigatoni yang berisi daging ayam dan udang tersebut dalam pinggan tahan panas atau wadah aluminium foil, susun pada bagian dasarnya, setelah memenuhi semua bagian dasar, tuang saos tomat bergantian dengan saos putih, tutupi kembali merata dengan rigatoni, kemudian tuang saos tomat dan saos putih, beri parutan Mozarella atau quick melt cheese. Panggang dengan suhu 180dC selama 15-20 menit.

Note : Merebus rigatoni, hanya sebentar, sesaat setelah air mendidih, beri 2 sdm minyak sayur dan 1/2 sdt garam, segera masukkan rigatoni, gunakan api kecil, rebus selama 3 menit, matikan api kemudian tutup panci. Biarkan Rigatoni empuk sekitar 7-10 menit,segera angkat dari air, ini untuk menghindari rigatoni pecah.

Pas kelar bikin ini, adib bangun, eh dia minta nyushi buat sarapan, belum lagi dia bangun kesiangan, jam 9. Bikin sushi isi cumi sesuai requestnya, tiba-tiba adib minta mandi dan mau sekolah. Buru-buru deh nyiapin bekalnya padahal aku uda siap berangkat kerja. Mau jadian rigatoni ini jadi bekal, eh adib ga mau, dia mau makan rigatoninya nanti pulang sekolah aja, dan dia mau bawa bekal yang sama dengan sarapannya , sushi cumi itu.

Aku bikin 2 porsi rigatoni ini, jadi 1 aku bisa bawa ke kantor, nyobain bareng2 ma temen meja sebelah, dan mereka bilang enak!🙂

..:: diah Re ::..

    • inta-ummu arsa
    • April 14th, 2011

    sini mbaa ku oleh2i pasta klo aku mudik ntar. tapi ambil k Semarang ya:P. pasta disni murah bgt mba. g sampe 3000rupiah ukuran 400gr. tp klo yg model lasagna, rigatoni gini mahal ding. ampe 20rebu lebih. pdhl kn cm beda bentuk yaa…

    • Waaaaaa.. Makasi banget mbak. Iya temen & sobatku yg di arab jg bilang gitu. Baju2 jg murah bgt. O aslinya semarang ya. Kita kalo pulkam ke jawa timur suka mampir nginep semalem disemarang lho

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: