Menu Gorengan untuk sekolah

Tadi pagi sih bangun uda dari pagi sebenernya, tapi kok ya males banget mau mulai masak apa. Soalnya masih ada gulai kambing yang kemaren sore, jadinya cuma ngeluarin ayam buat bikin garang asam menu makan siang adib. Cemilan,, doooh kok ya males banget, di kulkas lagi penuh juga stock buah, apa adib bawa buah aja ke sekolah pake ama roti selai aja. Eh tapi pas liat cumi yang uda dipotong cincin,jadi kasian juga ni cumi ga dimasak. Adib suka banget ma cumi.

Nyuruh si mbak ke tukang sayur beliin bayam segar, aku ngupas kentang deh,dibikin karbonya nanti buat di sekolah, masih ga kepikiran ni kentang dibuat apa, pokoknya dikukus dulu, mashed potato juga boleh.

Kentang uda siap dihalusin, bayem uda dicuci, kok ya males lagi ngolahnya, uda deh, satu menu aja ma cumi, digoreng semua😀 Jarang-jarang ngasi semua menu gorengan ke adib, termasuk sayur, tapi ya sudahlah. Emang emaknya lagi males banget kok sekarang, tinggal gimana tampilannya aja deh nanti dimata adib biar dia mau dimakan semua, fyi, anak saya ini ngelihat makanan dari visual, kalo menurut dia jelek, pasti dia langsung bilang “GA ENAK!”, mau dirayu model apapun kalo dia bilang itu ga enak, susah jadinya. Karena itu, bukan berarti aku sebagai emaknya, sok bergaya ama makanan adib, Nope! itu semua karena anak saya anak visual🙂 dia lahap makan kalo visualnya uda bagus & cantik *dooooh

Gorengan lengkap ini,aku bikin dalam 3 bahan, karbo dari kentang, aku bikin bentuk sate, sedangkan sayurnya, aku bikin krupuk bayam, dan proteinnya, aku bikin calamari aja. sebenernya pagi ini juga adib bawa buah, Rock melon, tapi ga difoto, aku bentukin bula-bulat aja, dikasi tusukan.

Sate Kentang


Bahan :
3 buah kentang ukuran medium
10 udang, kupas kulitnya
2 bawang putih
garam, lada gula
1 telur ukuran sedang

Cara :
1. Kukus kentang, kemudian haluskan.
2. Cincang halus udang, sisihkan.
3. Haluskan bawang putih, ditambah dengan garam, lada dan gula. Tambahkan kentang dan udang yang telah halus, aduk merata dengan bumbu.
4. Pisahkan kuning telur dari putihnya, kemudian tambahkan kuning telur kedalam adonan kentang udang, campur merata.
5. Dari adonan kentang, bentuk bulatan kecil, lakukan sampai habis
6. Siapkan minyak, celupkan bulatan kecil kentang tersebut merata ke dalam putih telurnya, goreng dengan api kecil hingga kecoklatan.
6. Siapkan tusukan buah , tusuk bola-bola kentang tersebut sebanyak 3 bola.

 

Calamari & Kripik Bayam


Bahan :
Cumi dipotong cincin
Daun bayam, dicuci kemudian keringkan.
2 bawang putih
Garam, Lada dan Gula
50-75 mlSusu cair
1 buah telur
2 sdm tepung beras
1,5 sdm tepung protein sedang (all prupose)
tepung roti

Cara :
1. Haluskan bawang putih, garam, lada dan Gula, masukkan tepung, telur, aduk merata, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga kental (jangan terlalu cair).
2. Bagi 2 adonan tepung tersebut, 1 bagian untuk calamari, dan 1 bagian lagi untuk kripik bayam.
3. Untuk calamari, celupkan semua cumi kedalam adonan tepung hingga merata, kemudian diamkan minimal 15 menit. Gulingkan satu persatu kedalam tepung roti, dan diamkan di kulkas selama 10 menit, siap untuk digoreng.
4. Celupakan setiap lembar daun bayam ke dalam adonan tepung, siap untuk digoreng.

Dan ternyataaaaaaaaaa… si emak ini sekali lagi melakukan kebodohan! hari ini adib kunjungan ke kantor pos, tadi soalnya sempet aku anterin ke sekolahnya, sekalian berangkat kantor, karena hujan. eh sampe sekolah, disambut ma tantenya, dan dibilang kalo hari ini ke kantor pos, apa adib uda siap dengan minuman bertalinya? aduhhhhhhhh… aku lupa, ga bawa deh botol minum bertali adib😦 maaf ya nak! kebodohkan bin kelupaan emakmu ini emang keterlaluan. Jadinya adib trpaksa deh bawa botol minum biasanya dimasukin kedalam tas, daripada ditenteng-tenteng tuh botol. Barusan aku telp, kata adib seru ke kantor pos nya, dia kirim surat buat kerumah🙂 Cant wait!

..:: diah Re ::..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: