Archive for February, 2011

(Banana) Chocolate wonton

Cemilan super singkat dan mudah, yang bisa untuk bekal anak di sekolah, ataupun teman nonton tv *biar gendut* . Enaknya sih dimakan hangat2, karena pas coklatnya meleleh , hmmmmm…. *susah ditulisnya πŸ˜€

Pagi ini sebenernya pagi super males, gara-gara jam 2 pagi adib kebangun akibat berdarah hidungnya, dan setelah itu, aku susah banget tidurnya. ga panik kalo adib berdarah, apalagi kalo habis liat tangannya yg ada darahnya, kebiasaan adib masukin tangannya trus ngorek-ngorek hidungnya sampe tu hidung kena kukunya dan berdarah, sudah pernah cek THT, ga ada masalah dengan THT adib, tapi ya karena kebiasaan adib yang ngorek hidungnya itu, berdarahnya pun cuman bentar keluarnya, dan tetesannya pun beda kalau mimisan yang darahnya kental dan banyak, tapi darah tetep darah, nyebelin! Lupa potong kuku sehari aja, uda deh, tragedi hidung berdarah adib pasti terjadi.

Hush… balik ke cemilan ini.Biasanya kan kalo wonton itu isi gurih seafood, nah karena lagi males megang seafood dan kebetulan ada pisang yang uda hampir menghitam, jadinya awalnya aku mau bikin piscoklat, eh males juga beli kulit lumpianya, inget-inget ada kulit wonton di kulkas, pake itu aja deh.

Motongin pisang kecil-kecil banget, karena kan kulit wonton ga selebar kulit lumpia, jadi dipotongnya ukuran kecil, lalu letakkan diatas wonton nya, beri cincangan kasar bittersweet chocolate, tutup deh bentuk segitiga dengan bantuan putih telur, baru dibentuk wonton segitiga itu dengan menyatukan ujung samping segitiganya, kalau bingung, liat gambar aja deh πŸ˜€ Trus goreng deh ampe kekuningan, ga perlu sampai kecoklatan, nanti coklatnya keluar dari wontonnya karena kepanasan.

Coklat bisa diganti apa aja yang disuka, bisa pake meises ataupun choco chips, dan bahkan bisa ditambahkan dengan keju parut, biar lebih enak πŸ™‚ Dan bisa juga ga pake pisang lho buat bikin wonton ini, semua tergantung selera.

..:: diah Re ::..

Advertisements

Sweet potato pie

Pagi ini bangun dengan kebingungan, mau masak apa buat si bos kecil bekal sekolah plus sarapannya. Kalo makan siang uda diputusin cepet, ayam goreng yang uda diungkep sehari sebelumnya, jadi tinggal cemplung aja, plus sayur bayam.

Awalnya sarapannya mau pasta, mini caneloni, uda rebus, karena kutinggal dengan api besar, eh tu pasta robek, jadi males deh diisi filling caneloninya, ya uda lah, dibikin carbonara aja. Eh pas ngupas bawang bombat, ngelirik ada ubi merah manis masih nongkrong, kok ngiler banget ya pengen bikin sweet potato bake kesukaanku itu, plus masih ada bapak dirumah, dimana bapak doyan banget ma cemilan umbi-umbian.

Abis bikin carbonara,buat sarapan ajah, lanjut ngukus ubi merah manisnya. Liat rak piring, eh itu cetakan pie nangkring,langsung inget ma puff pastry siap saji yang masih ada banyak di kulkas, keluarin dari kulkas, biarkan 10-15 menit sambil nunggu ubi merah empuk dan siap dihaluskan, sekalian marut coklat buat fillingnya.

Semuanya asal cemplang cemplung aja sebenernya, karena walopun ngasal nyemplungnya, ni cemilan ga akan bantet kok, kan puff pastrynya uda siap saji πŸ˜€

Pas ubi merah mateng, dihalusin. aku pake sekitar 3 ubi merah ukuran sedang, ya kalau kita pake ubi merah jepang, bisa sekitar 8-9 buah karena kan ukurannya kecil. Uda halus, dicampurkan dengan 2 butir kuning telur dan whipcream cair sekitar 100-125ml. Trus ditambahin ma 2sdt gula pasir,kira-kira aja nambahnya, karena tergantung manisnya ubi merahnya.Aduk semuanya ampe merata, yang jelas adonan ubi ini sedikit lembek dibandingkan tidak dicampur dengan bahan yang lain, tapi tidak encer ya. Lupa poto pas adonan ini πŸ˜€ Soalnya banyakan ngira-ngira masukinnya, ya mirip kalo bikin sweet potato bake juga ngira-ngira. Resep sweet potato baked pernah aku post di blog mama.

Nah, puff pastry yang uda sedikit adem, aku gilas dengan rolling pin ampe tipis, karena kalo ketebelan, takut adonan puff pastry nya terlalu ngembang, jadi ngerusak (ngedorong) pienya, jadi ga lucu kan kalau pienya melendung. Olesi loyang pie dengan unsalet butter , kemudian Bikin gilasan puff pastry yang sedikit lebar, dijadiin alas loyang pie sampai dasar dan pinggiranya tertutup sempurna, tenang… kalo ada bagian yang ga ketutup, ambil aja sedikit adonan, tutupin, tempel-tempelin aja, nanti dia nyatu kok.

Dasar pie uda siap, tuang adonan ubi merahnya setengah loyang dulu aja, baru deh taburi coklat serut, aku pake bittersweet chocolate, tapi kalau mau pake meises dan keju parut juga ga masalah, sesuai selera aja πŸ™‚ .Coklat serut uda merata, aku tutupin lagi dengan adonan ubinya, tapi pake plastik segitiga, atau dimasukin ke plastik apa aja, dipotong ujungnya, trus bentuk lingakaran obat nyamuk hingga semua coklat tertutup rata ma adonan ubinya. Kenapa harus pake plastik, karena kalo dituang langsung dan diratakan, nanti belepotan kena coklatnya, jadinya ga cantik kalau coklatnya keliatan diatas pie πŸ˜€

Selesai nuang adonan ubinya, tutupi bagian atasnya dengan irisan puff pastry yang tipis. Panggang deh 180dC selama 10-15 menit, bentar kok πŸ™‚ yang penting sampe kulit puff pastry bagian atas pie kekuningan, bisa juga lho dioles kuning telur dulu biar cantik mengkilat. enjoy πŸ™‚


Adib sukanya gangguin pas aku moto cemilan ini, dan setelah itu baru dia cabut sekolah,, met sekolaaah ya nak πŸ™‚

..:: diah Re ::..

B’day party at school with chocolate Mud cake

He’s turning 5!… Alhamdulillah πŸ™‚

Ini termasuk project tahunan, sejak aku suka baking, ya sejak tahun lalu, krn awal suka baking 2008, jadi pas 2009, aku belum berani bikin goody-bag sendiri, tahun lalu bikin klapatart buat goody-bag diisi ma kain batik khas madura. Nah taun ini, nurutin maunya adib aja, bikin cupcake kata dia plus hotwheels buat temen cowok dan princess buat temen cewe , ngerayu-rayu akhirnya, berhasil disetujui ma adib buat ngasihnya botol minum hotwheels aja πŸ™‚

Resepnya diambil dari sini ya. Cake ini simple cuma cemplang cemplung ga perlu pake mixer dan anti ribet πŸ™‚ dan kuenya padat, jadi cocok buat dihias ganache. Awalnya aku mau bikin sponge cake, tapi malesss karena pasti lama ngocokin telornya dan pasti bolak balik ngocoknya, karena bowl mixerku cuma bisa nampung 8 butir telur aja, lebih dari itu pasti ga muat.


Kenapa aku pilih mud cake ini? ya selain memang simple bin gampang bikinnya, karena nyoklat banget plus customer yang akan makan ini adalah anak2, yang biasanya suka coklat. Sengaja juga dihias dengan macem2 berry, karena anak kecil suka biasanya berry, dan aku emang ga mau pilih topping macem gula-gula yang banyak cukup coklat dan sentuhan buah, biar seger πŸ™‚

Chocolate Mud cake

Bahan A :
250gr DCC (bisa dicampur antara DCC/milk / bittersweat chocolate)
250gr unsalt butter
1 sdt bubuk kopi (skip dan ganti dengan coklat bubuk)
188 ml (3/4 cup) air

Bahan B :
325gr tepung terigu protein sedang
30gr coklat bubuk
1/2 sdt Soda kue
550gr Gula kastor

Bahan C :
4 butir telur ukuran besar
2 sdm (40ml) minyak sayur
1sdm vanilla
125ml (1/2 cup) buttermilk*

Ganache
300gr DCC
84ml (1/3 cup) whipcream


cara :
1. Untuk ganache harus disiapin minimal sehari sebelumnya, parut coklat, panaskan whipcream dengan api kecil hingga keluar sedikit bintik2 panas pada pinggir panci, segera tuang kedalam parutan coklat, aduk hingga semua coklat tercampur rata dan tidak ada yg masihΒ  keras, dinginkan dan simpan dikulkas minimal semaleman.
2. Panaskan Bahan A dengan api kecil hingga semuanya larut merata, dinginkan, sisihkan.
3. Aduk rata atau bisa diayak semua bahan B kecuali gula kastor, setelah itu baru campurkan gula kastor dan aduk merata,sisihkan.
4. Dengan bantuan whisker, campuran bahan C hingga merata, kemudian tuang perlahan kedalam Bahan B, aduk hingga tercampur rata.
5. Masukkan bertahan bahan A kedalam campuran bahan B dan C, aduk hingga merata, jangan kwatir adonan akan menjadi encer.
6. Siapkan loyang bulat diameter 24cm ataupun loyang cupcake, Panggang dengan suhu 160dC selama 1 jam (tambahan waktu 15 menit jika masih kurang matang), test tusuk kematangan, dinginkan kue di rak.

Aku bikin 2x jumlah resep ini, kalau mau gampang, mending liat table ini atau bisa didonlot disini :

Mud cake ini aku kasih filling blueberry palette *bener ga nulisnya* , trus diolesin blueberry palette jadi tooping juga sebelum diberi ganache, jadi bener2 kesukaan adib deh πŸ˜€ Semoga temen2nya juga suka deh πŸ™‚

Untuk yang mud-cake lapis, aku pake filling frozen cream cheese, cuma campuran dari cream cizz dan whip cream yang dikocok terlebih dahulu, plus sedikit gula. dan disetiap lapisan filling cream cizznya, aku kasih potongan anggur hijaunya, jadi pas gigit, akan ada sensasi anggurnya πŸ™‚

Aku bikin ganache pas sabtu, sekalian ngebikin sponge cake Blackforest pesenan indah waktu itu.karena ganache bisa disimpan lama, dan semakin lama sekakin kokoh.

Dan musibah pun terjadi,mixer yang uda menemaniku dari 2008 itu akhirnya hook-nya patah juga,huahahahaha… gara2 ngocok ganache yang baru keluar kulkas, akibat kelupaan aku keluarin dari kulkas dulu pas bangun tadi subuh, ya udalah,semoga ada rejeki cepat untuk beli mixer idamanku *berharap si ayah baca ini πŸ˜€

Thanks god, adib suka pas aku anter cupcake ini ke sekolahnya, dan semua teman2nya pun suka dan bilang “Kuenya cantik ya adib…”


Dan si tante alias guru di skolahnya bilang, “adib cerita tadi bunda, kalo adib ikut bantuin bunda bikin cupcake buat bday adib diskolah” πŸ™‚ Yup, memang adib bantuin bikin cetakan coklat bentuk daun, kita ambil daun2 segar dan aman, kemudian hias coklatnya, cantik banget, aku lebih suka nyetak didaun asli karena hasilnya lebih bagus dibandingkan pake cetakan daun untuk coklat yang dari plastik itu.

..:: diah Re ::..

Oreo Cizz puff

Heptic on monday morning, seperti yang sering aku tulis sebelumnya, tiap senin pagi itu kesabaran extra karena ada kerjaan yang wajib selalu disubmit tiap senin pagi, dan pas weeken ga sempet ngerjain karena biasanya datanya baru dikirim minggu sore ataupun jumat malem dimana weekendnya aku sibuk maen ma adib, jadinya ya senin pagi subuh-subuh selalu bangun pagi buat kerja dulu, baru nyiapin bekal adib.

Pagi ini, abis ngerjain kerjaan kantor plus bikin menu makan siang buat orang rumah, awalnya pengen banget bikin pizza oreo, tapi ga punya dough pizza, trus kalo bikin dough pizza dulu bakalan lama banget proses fermentasi,eh kebetulan banget minggu lalu aku beli puff pastry instant. Yuk dicoba, bikin pizza oreo tapi pake puff pastry πŸ™‚

Oreo puff

Bahan :
Puff pastry siap saji
100gr Cream cheese
5 keping oreo, diremahkan
1 sdm gula pasir halus
50ml whipcream

Cara:
1. Potong puff pastry sesuai selera, bisa persegi panjang, kotak,segitiga ataupun lingkaran, bisa juga menggunakan cookie cutter ukuran besar, sisihkan.
2. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti, panggang puff pastry tersebut dengan suhu 160dC selama 10-15 menit, hingga puff pastry mengembang, keluarkan dari oven dan dinginkan.
3. Kocok whip cream hingga mengembang, masukkan cream cizz, kocok rata, tambahkan gula pasir halus, kocok rata, dinginkan adonan ini di kulkas selama 15 menit sambil menunggu adonan puff pastry siap.
4. Penyajian : Belah dua adonan puff pastry, untuk topping,oles lapisan bawah dengan adonan cream cizz, taburi remahan oreo, tutup dengan lapisan atas, semprotkan sedikit adonan cream cizz untuk bagian atas sebagai topping, beri satu remahan oreo, sajikan .

Note:
Jika susah untuk memberi topping dengan membelah puff pastry karena mudah remuk, bisa disemprotkan saja pada bagian atas menjadi fillingnya hingga penuh kemudian taburi dengan remahan oreo

Adib ma ayah selalu suka kalo aku bilang mau bikin pizza oreo, dan kali ini dengan menggunakan puff pastry, hasilnya juga enak plus kriuknya lebih berasa dibandingkan pizza oreo πŸ™‚

adib bawa 8pcs oreo puff ukuran kecil ini ke sekolah dan kabarnya dari ibu, semua habis ludes πŸ™‚ Nanti sore bikin lagi ah… sambil manggang cupcake buat persiapan besok goody-bag adib diskolah *kalo sempet!

..:: diah Re ::..

Classic Black Forest

Resep ini pesenan neng indah yang dulu pesen ini, kali ini buat adeknya yang ultah, minta Black forest super clasic dengan cerry merahnya, siap πŸ™‚

Resep bisa diliat disini ya,males copy pastenya πŸ˜€ bikinnya dari semalem lho, pas sekalian posting triple-C itu sebenernya juga lagi nunggu adonan di loyang. Mulai baking dari jam 9.15 baru kelar jam 10 lebih dikit, sengaja bikin malem biar paginya tinggal ngehias aja, lagian emang ga sempet bikin sorenya karena seharian jalan, dari siang ampe jam 6, nyari goddy-bag di Toys kingdom buat ultah adib disekolah selasa besok. Eh trnyata paginya ga bisa pagi2 ngehias ni BF, karena kudu kepasar belanja mingguan plus sekalian beli papper bag buat tempat goddy bag adib nanti.

Semoga indah & fams suka ya, jadi kepikir pas update ini, besok adib ultah disekolah apa kue gedenya pake ini aja ya, soalnya aku baru siapin ganachenya cuman pake 800gr DCC, takut kurang kalo bikin mud cake, karena uda plan dari awal, mau pake cupcake yang dari mud cake, biar nyoklat banget rasanya, biasanya kan anak kecil suka coklat, hmmmmm… *think think think…

..:: diah Re ::..

Triple-C for Chedar Cheese Cake

ini eksperimen kedua kali aku coba triple-C, dulu pernah bikin homemade cream cizz ini untuk Cheesecake, tapi menurut aku, bener2 ga bisa deh digantikan yang namanya cream cheese.

Triple-C ini sebenernya mirip banget ama Japanese cheese cake, aku pernah bikin, tapi dulu banget, jadi belum diupload ke sini, tapi fotonya uda pernah diposting di fesbuk, jadi bisa diliat di fesbukku πŸ˜€ Aku dapet resep ini dari milis NCC.

Chedar cheese cake

Bahan A:
130gr susu plain cair
40gr unsalted butter
125gr keju chedar, diparut

Bahan B:
20gr tepung terigu protein rendah
15gr maizena

Bahan C:
3 kuning telur
1sdt parutan kulit lemon

Bahan D:
3 putih telur
1sdt air jeruk lemon
80gr gula pasir

Topping :
Selai atau whipcream (sesuai selera)

Cara :
1. Tim dengan api kecil, semua bahan A hingga keju larut.Angkat dari air, aduk-aduk hingga hangat.
2. Masukkan bahan B ke dalam bahan A yg hangat, aduk rata, gunakan whisker.
3. Masukkan bahan C satu persatu, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok putih telur dengan mixer, masukkan gula dan air lemon, kocok hingga soft peak.
5. Ambil 1/3 bagian putih telur, campurkan kedalam adonan keju, aduk rata. Kemudiang tuangkan seluruh adonan keju tersebut kedalam sisa putih telur, aduk balik perlahan hingga rata.
6. Siapkan loyang/cup yg sudah diolesi mentega tipis. Panggang dengan au bain marrie pada 150dC selama 50-60 menit, hingga permukaan keemasan.
7. Biarkan adonan hangat, kemudian lepas perlahan, dinginkan.
8. Oles permukaan atasnya dengan selai atau hias dengan buah, bisa disajikan langsung atau setelah didingankan didalam kulkas.

Kue ini berasa banget kejunya, menurutku sedikit asin ya, karena chedar yang dipake, padahal aku pake procizz, apalagi kalo pake Kraft, akan lebih asin sepertinya, diamond mungkin cocok utk Triple-C ini, karena dasarnya tidak terlalu asin.

Tapi overall itu trgantung selera, yang jelas, kue ini cocok buat yang suka ngeju banget dengan budget yang lebih sedikit dibandingkan kita bikin japanese cheese cake πŸ™‚

Kue ini lumer juga lho dimulut, yang penting pas ngetim adonan A, usahakan bener semua meleleh kejunya, jadi ga ada yg masih berbentuk serpihan parutan keju, dan ngocok putih telurnya bener-bener soft peak, jangan sampai hard peak ya.

..:: diah Re ::..

White choco chips

Ada kerjaan, jadi bangun jam 3 pas kebetulan si ayah nonton bola, jadi pas liat jam uda jam 7 bingung mau bikin apa buat bekal adib, jadinya bikin yang super singkat ini, Bangunin adib yang susah, biasanya jam 6:30 uda dibangunin buat sekolah, akibat aku ga sadar jam , dia jadi telat bangun, untung mau sarapan banyak, dan berangkat sekolah tepat waktu πŸ™‚

Biasanya kukis yang pake choco chips kan coklat dan selalu pake brown sugar, tapi kukis ini tidak menggunakan bahan yang mahal itu. Aku ga pernah stock brown sugar, selain karena mahal dan sayang juga pakenya,alasan dodol kan πŸ˜€

Oh iya, brown sugar itu ga bisa lho dgantikan dengan palm sugar yang beberapa orang lakukan selama ini, jelas beda, karena brown sugar itu berasal dari tebu sama seperti gula pasir putih biasanya hanya saja ditambahkan dengan moleses, kita bisa bikin sendiri dirumah, selama kita punya moleses ini. Kalo palm sugar itu dari air Nira, jadi jelas beda ya, dan ga bisa disubstitute.

Kukis ini mudah bin simple bin singkat bin cepat πŸ˜€ hehehehe… intinya semua proses persiapan sampe selesai manggang hanya membutuhkan waktu 30 menit saja, bisa jadi alternatif kalau lagi bingung ga ada cemilan dirumah πŸ˜€

Kukis ini, bisa dikasih cream ditengahnya, kalo aku biasanya pake selai blueberry ataupun pake nuttella, atau skippy, anything you like! Polosan juga boleh kok

White choco chips

Bahan :
1-1/4 cup Tepung protein sedang
1/2 sdt BPDA
1/3 cup Buttermilk*
1/3 cup Unsalted butter
1/2 cup gula pasir
1 butir telur
3/4 cup choco chips

Cara ;
1. Kocok Mentega dan gula hingga mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok sekitar 3 menit hingga tercampur rata.
2. Masukkan bergantian antara campuran tepung dan BPDA dengan buttermilk, dimulai dan diakhiri dengan tepung, aduk rata.
3. Dengan bantuan spantula, masukkan choco chips, aduk rata.
4. Bentuk bola-bola atau dengan bantuan 2 sendok, buat adonan kecil sekitar 1/2 sdt setiap bola nya, susun di loyang diberi jarak.
5. Panggang dengan suhu 160dC (api kecil) selama 15-20 menit, segera dinginkan di rak kawat sesaat keluar oven hingga kukis mengeras. Sajikan polos atau dengan filling yang disuka.

Note:
– Gula pasir bisa dirubah menjadi Brown sugar
– Kukis ini bisa jadi coklat dengan mengurangi 2 sdm tepung dan diganti dengan coklat bubuk.

Akibat mengantuk, tadi aku tepungnya kelebihan 1/4 cup, ngaruh ke adonan, sedikit keras, tapi masih enak kok πŸ˜€ *teteup narsis*

..:: diah Re ::..