Archive for April, 2011

Bento ? I dont think so :D

Bekal adib itu tergolong bento bukan sih? some people say yes,but me?

Bingung juga, Bento sebenarnya ga semua yang berbau makanan jepang, tapi pengemasannya lah yang penting. Menu makan komplit, dari karbo, protein hingga sayur/ buah. Imajinasi awalku buat bekal adib sih bukan berkiblat pada bento, tapi ya karena aku ingin adib makan menu rumahan disaat jam istirahat sekolahnya. Karena melihat sebagian besar temannya membawa snack toko sebagai menu istirahat, dan itu hal yang sangat kuhindari, bahkan aku pernah protes kepada pihak sekolah adib, sempat aku liat di Papan pengumuman , pihak sekolah memuat tentang baiknya membawa bekal dari rumah disertai beberapa resep dari majalah. Oh minimal pihak sekolah sudah menasehati para wali murid, ya tinggal gimana para orangtuanya nanti, kembali ke mereka masing-masing.

Yang jelas aku percaya, makanan rumahan, sejelek apapun masih lebih baik dari jajajanan. Dan yang paling penting, aku ingin adib belajar menghargai proses dari makanan itu. Sampai saat ini, adib belum pernah mengeluh jika dia hanya membawa makanan rumahan sedangkan teman-temannya membawa snack dari toko. Mari nikmatin masa-masa ini, aku jg percaya, jika dari kecil terbiasa makanan rumah, maka akan berlanjut hingga besar, insyaallah!

Note : Ga ada maksud judge ya disini, ini hanya sebuah pilihan, dan pilihanku adalah memberikan makanan rumahan untuk bekal anakku πŸ™‚

Karena ga sempet motret sejak 2 minggu yang disibukkan tanpa ART, hanya ada 2 tampilan bekal sekolah adib yang sempet (baca : Punya waktu) untuk dilakukan sesi pemotretan , ciiiiiiiiiiee.. “sesi” :p

Sushi udang keju


Tampilannya sok pake Nori, tapi isinya tetep kesukaan adib, udang keju. Pengen simple aja, digulung pake nori diisi udang keju dan mayones.

Cemilan tambahannya hanya melon dan coklat.

Nasi telur


Ini juga simple, cuma pas hias telurnya aja yang butuh perjuangan alias sabar :p Nasinya dicetak aja dengan tangan dibentuk tabung, yang sebelumnya diisi dengan bayam rebus,kemudian dibungkus dengan telur dadar, tambahannya ada ikan ekor kuning yang digoreng, diambil dagingnya aja dan dililitin dengan telur dadarnya. Plus melon dan coklat buat sampingan.

Telur dadar biar kuning dan cantik, kita bisa bikin dengan mencampur telur, aku pake telur ayam kampung, dengan maizena cair. 1 butir telur, dikocok asal, tambahkan dengan 1.5sdt maizena cair (dari 2 sdt maizena + 3 sdt air), aduk merata, saring untuk menghilangkan busanya. Panaskan wajan datar dengan sedikit olesan mentega, tuang telur dan segera tutup sekitar 2 menit, angkat. Siap dijadikan hiasan.


..:: diah Re ::..

Advertisements

Contribute to our beloved “pakde”

Tiba-tiba kangen berat ma masakan ibu, padahal pas wiken 3hari (22-24 april) kemaren ketemu ibu di yogja.Kita semua ketemuan di yogja mendadak. Pakde, kakak tertua di keluarga ibu, orang yang paling kami hormatin dalam keluarga besar kami, meninggal dunia. Meninggalnya di RSCM kencana Jakarta, tapi berhubung akan dimakamkan di Yogja, jadi aku, ayah & adib ikut rombongan ke yogja.

Pakde meninggal hari kamis tgl 21 april, pas banget hari Kartini dan adib lagi ngerayain hari kartini di sekolahnya dengan menggunakan baju Sakera, baju khas madura.Malam kamis (20 april), kita bertiga (aku, ayah & adib) sempat jenguk pakde, bahkan sempat bikin pakde ketawa. Dan kita juga heboh ceritain parkiran ala jepang di RSCM kencana itu dengan seluruh keluarga. Jam 9 malam, kita pamit pulang.

Kamis pagi, tiba-tiba ibuku telp, mengabari kalo pakde masuk IGD, dan ibu minta dicariin tiket ke jakarta untuk siang hari. Rutinitas berjalan, adib sekolah, ayah kerja ke Menara mulia, sedangkan aku meeting ke Gandaria, baru aja turun dari taxi tiba-tiba ditelp ibuku yang nangis-nangis, pakde meninggal dan kakak-kakaku belom ada yg tau, duh bimbang, ok meeting dulu, trus lanjut ke RSCM.

Sebelum ke RSCM, mampir rumah dulu, packing baju krn ayah yg uda di sana bareng adib, bilang kalo kita akan lanjut ke yogja ikut jenazah.Jam 3, jenazah dikawal dgn rombongan langsung ke bandara,karena parkir jauh, kita ketinggalan rombongan,jadi kita baru 30 menit dijalan sampe sudirman, rombongan uda sampe di bandara :(. Dan ternyata sore itu muaaaaaaaacet berat! jam 5:30 kita baru sampe bandara, untung belom ditinggal. Ternyata 1 pesawat dibooking untuk kami sekeluarga yang totalnya berjumlah 50 orang.

Prosesi pemakanan pakde hari jumat 22 april 2011, dilangsungkan dengan upacara militer. Al fatihah untukmu pakde, terimakasih atas apa yang sudah pakde berikan untuk keluarga besar Gaffar, kami ga akan pernah melupakan jasa pakde.

Ternyata panjang juga ceritanya… Inget pakde, inget banyak banget kesukaannya kalo lagi pulang madura. Semua masakan ibu selalu jadi andalan yang diminta untuk disajikan. Ayam panggang bumbu rujak ini adalah salah satu kesukaan kami.

Ayam panggang bumbu rujak

1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian (max 8 potong)
3 buah jeruk nipis
3 sdm kecap manis
4 lembar daun salam
Mentega untuk mengoles

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 cabe merah besar
3 cabe rawit (optional jika mau pedas)
3 cabe keriting (optional jika mau pedas)
10 buah kemiri (goreng terlebih dahulu)
Garam
Lada
Gula

Cara :
1. Lumuri ayam dengan jaruk nipis, biarkan 5 menit dan bilas ayam hingga bersih.
2. Haluskan bumbu halus, lebih mudah menggunakan blender bumbu.
3. Ungkep ayam dengan bumbu, tanpa menggunakan air selama 5-10 menit sambil diaduk,tambahkan dengan kecap manis .Ini bertujuan agar ayam tetap memiliki permukaan yang keras setelah dipanggang nanti.
4. Oles pinggan tahan panas dengan sedikit mentega, Susun ayam diatasnya, Lumuri merata dengan bumbu yang tersisa. Panggang dengan suhu 170dC selama 45 menit atau hingga matang. Sajikan dengan sambal kecap.

Simple banget kan ayam panggang ini πŸ™‚ Panas-panas dimakan dengan nasi hangat, mantabs! Bikin ayam kecap ini setelah pulang dari yogja.

..:: diah Re ::..

Banana Ciffon cake

Uda hampir 2 minggu nih belum ada ART, tapi rutinitas tetep harus berjalan kan, tinggal mau ga mau aja jalanin kesibukannya.Dan aku uda mulai bisa mengatur waktu utk masak dan baking dibandingkan minggu lalu, bukan atur waktu masaknya, tapi lebih ke aras beberesnya, karena itu pekerjaan yg lebih berat, apa karena males ya :D. Tapi jujur aja, tanpa ART ini malah lebih tenang lho, ga perlu pusing mikirin makanan anak bener atau habis, ga pusing mikirin bersihin rumahnya bener atau ga. Alhamdulillah, masih menikmati masa-masa tanpa ART ini, kerjaan masih bisa ditangani jadi masih bisa berdampingan ma urusan rumah.

Seperti biasa, habis jemput adib sekolah, makan siang bareng dikantor, dan pulang jam 3, adib tidur. Aku ga bisa tidur, beberes rumah, eh masih ada waktu sebelum bagunin adib, bikin ciffon aja deh. Kenapa ciffon melulu? lagi suka banget experimen ciffon, seru! Dan kebetulan ayah suka ciffon karena lembut pas dimakan, pessssss… kaya kapas πŸ˜€

Resepnya aku ambil dari blog favoritku yang juga sering banget bikin ciffon, Happy home baking!


Banana ciffon cake
Bahan:
70gr kuning telur
30ml susu cair
70gr minyak sayur
230gr pisang uli dihaluskan kasar
90gr tepung terigu protein rendah

Putih telur :
180gr putih telur
90gr gula pasir
10gr tepung maizena
80gr choco chips

Cara :
1. Campur kuning telur, susu cair, minyak sayur dan pisang dengan balon whisk hingga merata. Ayak tepung terigu dan aduk adonan merata.
2. Kocok putih telur dan gula hingga soft peak. Ayak tepung maizena dan aduk balik perlahan hingga merata.
3. Campuran 1/3 bagian putih telur kedalam kuning telur, dan tuang sisanya dalam 2 bagian, aduk balik merata.
4. Tuang adonan kedalam loyang ciffon, tabur bagian atas dengan choco chips. Panggang dengan suhu 160dC selama 30-40 menit.

Sore-sore makan ini ditemanin Bir pletok, can say any word than NYUUUM!. Bir pletok dikasi emak tercinta Yudith, makasi ya mak, bole nih beli lagi πŸ˜€

..:: diah Re ::..

Milo Ciffon Cake

Niatnya mau coba-coba bikin ciffon pake milo, asal aja cemplungin, eh kok ternyata enak ya. Campuran bahannya dari mikir-mikir beberapa ciffon yang pernah aku bikin. Patut dicoba deh, karena emang enak.

Aku pake loyang ciffon Bongpas diameter 20cm. Ini loyang yang aku suka soalnya gampang kalo lepas cakenya, beda ma loyang ciffon yang berkaki dimana harus langsung balik adonan begitu matang dan tunggu sampai jatuh, kalo yang bongpas ini gampang banget lepasinnya, begitu matang, tinggal kerat bagian pinggir dan lubang tengah dengan pisau, angkat deh alas loyangnya. gampang banget kan.


Milo Ciffon cake
Bahan :
2-1/2 bungkus Milo bubuk (@saset : 35gr)
100ml susu cair
6 kuning telur
60ml minyak sayur
2 sdm gula pasir
135gr tepung terigu protein rendah
3/4 sdt baking powder

Adonan putih telur:
8 putih telur
100gr gula pasir
100gr choco chips

Cara :
1. Panaskan susu cair, minyak sayur dan milo bubuk hingga tercampur rata, dinginkan.
2. Dengan bantuan balon whisk, aduk kuning telur dan gula hingga tercampur rata, masukkan campuran susu cair, aduk merata, dan perlahan tambahkan tepung terigu, aduk rata, sisihkan.
2. Kocok putih telur dan gula pasir hingga mengental , soft peak, sisihkan.
3. Campur 1/3 bagian putih telur kedalam campuran kuning telur, aduk balik merata, tuang sisa dalam 2 bagian. Campur sebagian choco chips dan aduk merata
4. Tuang ke dalam loyang ciffon, beri sisa choco chips pada bagian atas, panggang dengan suhu 160dC selama 30-40 menit hingga matang.

Enak banget jadi menu sore hari dengan blueberry milk shake, pas banget nemenin πŸ™‚

..:: diah Re ::..

1st week of april

Masih seliweran soal menu adib sekolah, berhubung gw lagi ga bisa baking, hikss… sekali lagi ga ada ART! sepertinya taun ini gw lagi ga jodoh ma ART, biasanya cepet banget banget dapet ART kalo yg lama berhenti, tapi ya sekarang kok susah, ART sebelumnya uda 1.5 taun kerja ma aku, dan sebelum dia juga uda 1 taun lebih.

Jadi sekarang sedikit lebih repot, tapi ya masih sama sih lagunya, secara memang aku yang selalu siapin bekal adib. Cuma ya aku jadi susah baking yang ribet, males nyuci perkakasnya. Bangun semingguan ini lebih semangat lagi, jam 5:30 atau maximal jam 6 uda harus masuk dapur, sambil masak buat bekal sekaligus sarapan ya sambil beberes rumah. Adib bangun seperti biasa jam 6:45 dibangunin ayah dan semua kepentingan adib dari sarapan sampai mandiin diurus oleh ayah sementara aku sibuk beberes rumah.

Dan semingguan ini adib ga dianterin si mas adi, ojek langganan, tapi dengan trpaksa, sekalian dianter ayah bundanya sekalian berangkat kerja. Positifnya, aku ma ayah jadi sampe kantor lebih pagi, karena jam 8 uda jalan dari rumah, adib telat sekolah. Macet banget ke arah sekolah adib, mendingan naek ojek emang.

Adib sekolah sampe jam 11:45, tapi berhubung ayah yang bertugas jemput baru bisa keluar kantor mepet di jam 12, biasanya suka telat jemput adibnya, jadi sekitar jam 12:00 – 12:15. Ayah anter adib ke kantorku , kita makan siang bareng trus aku pulang jam 3, biar adib bisa istirahat.

Satu hal yang bener-bener kita (aku & ayah) yakinini seyakin-yakinya, Jarak itu menentukan performa kita! Ga peduli tanggepan orang yang bilang kenapa ga cari rumah di daerah perumahan nun jauh disana macem Tangerang atau bekasi, Ya inilah alasan kita yang paling simple, deket ma anak, jadi monitoringnya gampang. Maaf ya buat yang tinggal jauh di tangerang atau bekasi kalo aku sebutin disini πŸ˜€ habis selama ini, itulah “saran” yang aku terima. Kita ga punya siapapun buat dititipin anak, jauh dari keluarga, kalopun ada kakak-kakaku di jakarta, tapi mereka juga kerja ga punya pembantu juga. Kalo dengan terpaksa pas load kerjaku lagi menggila seperti beberapa bulan lalu, pasti aku minta tolong ortuku untuk datang seperti yang pernah aku ceritain disini.

sssstt… uda kepanjangan banget curhatnya, bukan colongan lagi donk ini namanya bener-bener CURHAT! Eh curhatnya kan masih sekitaran adib dan nyiapin makannya, jadi masih OK lah πŸ™‚

Senin, 04042011

Memulai mad monday dengan malas, bukan karena ga ada ART, tapi sebel, malem sebelumnya aku bikin adonan roti, niatnya ditinggalin dulu pas nunggu proses fermentasi, nidurin adib dulu, eh kok ya aku ketiduran! jadinya tu adonan baru aku tengok jam 5-an, huhuhuhuhu.. ya jadinya over fermentasi, dibuang deh!

Bikin menu adib simple banget, spagetti meat ball dengan standart bumbu aglio olio aja, didampingin kelengkeng dan cadburry blueberry.

Soal buah adib, dia itu orang yang konsisten akan buah, kalo uda ke toko buah, maunya cuma duren dan kelengkeng, tapi tidak menolak buah yang lain kalo disuguhin dirumah, adib suka banget buah daripada menu utama.

Selasa 05042011

Jadi juga bikin bagelan, dari senin sebelumnya, pulang kerja, langsung bikin bagelas. Bikin adonan rotinya dulu sambil adib nonton tv, 30 menit aja, trus nidurin adib sementara adonan rotinya difermentasiin. Adib biasanya tidur siang 2 jam aja.

Resep bagelannya, aku dapet dari sini , enak, gampang dan empuk! Dan jangan takut gagal, karena emang bagelan lebih ke arah roti gagal menurutku πŸ˜€

Basic soft bread
Bahan :
250gr tepung terigu protein tinggi
50gr gula pasir
50gr unsalted butter
6gr ragi instan
2 kuning telur
150ml air es
Susu kental manis

Olesan butter:
100gr unsalted butter
100gr gula bubuk
1/2 sdt vanila bubuk

Cara :
1. Campur tepung, gula pasir dan ragi,tabahkan 100ml air es dan kuning telur, aduk hingga rata dan membentuk bola.
2. Tambahkan unsalted butter ,olah hingga kalis elastis, bentuk menjadi bola. Tutup dengan plastik wrap dan diamkan minimal 1-2 jam.
3. Bagi adonan menjadi 20gr,dan dibentuk bola, tutup kembali dengan plastik wrap dan biarkan minimal 30 menit. dan Oles bagian atasnya dengan susu kental manis
4. Panggang dengan suhu 180dC selama 20-30 menit atau hingga kekuningan.
5. Potong roti menjadi 2 bagian.Biarkan semalaman.
6. Campur semua bahan olesan butter hingga merata.
7. Oles roti dengan butter spread, dan panggang dengan suhu 160dC hingga crispy (kurang lebih 20-30 menit)

Bikinnya setengah resep aja biar ga terlalu banyak. Gara-gara males ngalusin gula, jadinya bagelannya kriuk-kriuk ma gula pasir deh, tapi enak lho! πŸ™‚

Bagelan ini buat cemilan, kalo sekolahnya, adib bekal nasi goreng udang aja, diberi telor ceplok bentuk kucing dengan kumis kejunya.

Rabu 06042011

Ini jug menu gampang lho, bisa buat dewasa, aslinya ini sebenernya Potato grain, tapi aku pake saus putih kaya di lasagna, dan pasta aku ganti dengan kentang yang uda dikukus terlebih dahulu

Kamis 07042011

Uda lama ga bikin potato puff ini, mumpung masih ada stok sisa kentang kukus kemaren, jadi sekalian deh aku bikin potato puff.

Potato puff itu gampang, mirip ma mash potato bedanya dipanggang lagi jadi ngembang dan pas dimakan lembut “puff”. Potato puff hanya campuran dari kentang kukus yang dihaluskan, ditambahkan dengan kuning telur, susu, keju, garam dan lada. Kejunya sebenernya kalau ada gunakan keju muda cream macem Ricotta cheese, tapi karena lagi out of stock, jadi aku pake cheedar aja diparut. Pendamping potato puff ini fritata dengan isi udang dan bayam.

..:: diah Re ::..

Holiday come early, yeay!

Yup, kita lagi liburan pas hari kerja! Selasa-rabu kemaren kita bertiga ikut ayah ke bandung, hal yang uda lama ga kita lakukan, terakhir ikut ayah kerja ke cirebon sekitar 1 tahun yang lalu. Jadi pas banget uda lama pengen ke bandung ga kesampaian ,ternyata ayah ada meeting di bandung.

Pas hari selasa, adib ma aku cuma ditemenin adeknya ayah, cuma diam di hotel aja, berenang , karena ayah ada meeting dulu. Malemnya baru deh kita jalan, nyobain Oseng-oseng mercon favoritku, Surabi enhai plus Rumah Kalong dengan nasi hitam khasnya.

Nah, pas rabulah waktunya kita benar-benar liburan, adib dengan syarat khasnya yang uda ga sabaran begitu diajakin liburan ke bandung, minta sekali lagi “bandung tree top” seperti sebelumnya. Main dari siang sekitar jam 12 sampe sore mau tutup jam 5, puas! Dan aku juga “DIPAKSA” ikut maen ma ayah.

Hasilnya…. keesokan harinya, badan pegel ga karuan, sakit semua, huhuhuhu. Ternyata ini ya rasanya main permainan tali itu, sakit tapi tidak memar/bengkak.

Bekal adib pas hari kamis simple banget, cuma cumi isi udang ditemani nasi putih dan diselingi Pisang mas & kit-kat. Maaf ya nak, bunda beneran sakit bin pegel semua badannya, tapi kok ya bisa kamu ga capek ya?!

Kamis sore, habis pulang kantor, eh adib masih tidur. (ssst.. aku pulang cepet) Langsung deh ke dapur bikin resep ini. Dan mengganti menyesuaikan dengan yang ada.Btw, i really love this “Happy home baking” Blog!

Milo Dog Cookies

Bahan :
100gr unsalted butter
45gr Milo bubuk
2 sdm gula halus
112gr tepung terigu protein sedang
14gr tepung maizena
14gr susu bubuk
Choco chips
Meises coklat

cara :
1. Mixer dengan speed rendah, butter ,milo bubuk dan gula halus hingga lembut.
2. Ayah tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk ke dalam adonan butter hingga merata.
3.Ambil sebagian adonan sekitar 10gr dan bentuk menjadi bulat, beri masing-masing bulatan dengan isian meises, lakukan hingga habis.
4. Letakkan 2 keping Koko Krunch untuk telinga, 1 buah choco chips untuk hidung dan 2 buah meises untuk mata.
5. Panggang dengan suhu 140dC selama 20 menit, segera dinginkan diatas rak kawat.

Aku bikin 2 bentuk, anjing dan beruang, sayangnya, si beruang uda habis langsung dimakan beberapa saat keluar dari oven oleh adib, karena adib ga tertarik dengan bentuk anjingnya. Untuk bentuk beruang, aku bikin hidung yang besar dari sereal Milo dan matanya dari choco chips, sedangkan telinganya dari 1 sereal Milo yang dibelah menjadi dua bagian.

Dan tadi pagi, niat awal mau bikin bola Tape goreng, eh kok ya berubah haluannya jauh banget! Buat bekal adib, aku bikin pie pake berry, kan kebetulan pas ke bandung kemaren beli stawberry & blackberry. Bukan hape BB ya, tapi ini jenis berry, dan rasanya lebih manis dibanding stawberry ataupun blueberry. Bikin pie ini simple kok, dijamin ga ribet. Resepnya masih sama dari blog ini.

Blackberry tart

Pastry crust:
50gr tepung protein sedang
50gr tepung protein rendah
30gr gula pasir
40gr unsalted butter
1 sdm telur yg dikocok lepas

Pastry cream :
200ml susu
2 kuning telur
40gr gula pasir
1 sdm + 1 sdt tepung maizena
1 sdm + 1 sdt tepung protein sedang
10gr butter

Topping:
Homemade stawberry jam (resep dibawah)
Fresh Blackberry

Cara :
Pastry Crust
1. Oles tipis loyang tart dengan mentega.
2. Kocok mentega dan gula dengan whisker hingga lembut dan tercampur rata,tambahkan telur aduk rata.
3. Ayak telur sambil diaduk dengan bantuan spantula hingga merata, lakukan bertahap 2-3 kali.
4. Bentuk bola adonan crust, kemudian giling dengan bantuan plastik sebagai alas dan rolling pin,hingga diameter yang cukup untuk loyang pie.
5. Letakkan perlahan adonan crust kedalam loyang pie, ratakan, kemudian tusuk dengan bantuak garpu pada beberapa titik untuk menghindari menggelembung saat dipanggang.
6. Simpang di dalam kulkas selama minimal 20 menit, kemudian panggang dengan suhu 180dC selama 10 menit hingga kecoklatan, dinginkan.

Pastry cream :
1. Masak susu hingga hangat, sisihkan.
2. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur dan gula dengan mixer speed rendah hingga kental, ayak campuran tepung maizena dan terigu, kocok hingga tercampur rata.
3. Tambahkan susu hangat perlahan ke dalam adonan telur sambil diaduk dengan whisker. Saring campuran ini dan didihkan kembali hingga mengental, sambil diaduk, matika api
4. Tuang butter dan aduk terus hingga tercampur rata, dinginkan dan simpan di dalam kulkas

Penyelesaian
1. Setelah pastry crust dingin, tuang pastry cream merata kedalamnya.
2. Taburi merata dengan selai stawberry dan atur fresh blackberry hingga penuh pada loyang pie, dinginkan.

Segar dan nyummy! itu yang jelas pas liat tart ini uda jadi πŸ™‚ tapi aku ga sempet makannya, jadi dibungkus plastik wrap kemudian disimpan dikulkas buat nanti cemilan pulang kerja atau kalo ada sisa buat besok aja. Berhubung aku bikin yang ukuran mini, ini yang dibawa adib ke sekolah, ditemani milo dog cookiesnya.

Cantik dan Lucu banget ya, hope adib like it!

Homemade Stawberry jam
4 cup fres stawberry
4 cup gula pasir
3 sdm air jeruk nipis

Cara :
1. Cincang kasar sebagian stawberry,sebanyak 2 cup sishkan.
2. Blender sebagian lagi, sekitar 10 detik,sebanyak 2 cup, sisihkan.
3. Masak 4 cup stawberry cincang & halus beserta gula pasir dan jeruk nipis hingga mendidih.
4. Tuang dalam gelas dan dinginkan.

Simpel banget kan selai homemade itu, ini bisa berlaku untuk buah apa aja yang mau dibikin selai.

..:: diah Re ::..

Busy sunday!

Uda niat banget kita bertiga kalo wiken tgl 26-27 maret kemaren ga akan jalan2 ke mall! Jadi kita mau sibukin diri dirumah aja. Kalo pas sabtu, sempet keluar, kondangan pas siangnya, terus malemnya maen ke rumah Garet plus makan Sate (blora) Cirebon di rawamangun.

Pas minggu, bangunin adib pagi, trus lanjut ke Car Free Day (CFD), tapi CFD kali ini rame buangeeet Bundaran HI nya, banyak banget acara plus kegiatan, tapi seru. Pulang sampe rumah, adib langsung nagih janjiku untuk bersihin mainan,yup.. Nyuciin semua mainan di box adib.

Sebenernya ini adalah kegiatan rutin kita per 3-4 bulan sekali, tapi berhubung, wiken beberapa bulan ini sukanya jalan mulu dan kadang males, jadinya tu mainan uda sekitar 6 bulan belum pernah dicuci. Adib langsung narik box isi thomas nya, Box paling gede dari 3 box mainan adib (awalnya ada 4 box, sebelum akhirnya gw buang mainan rusak adib, dan box nya gw jadiin tempat peralatan baking gw :D). sekitar 1 jam, aku ma adib nyuci semua mainan, adib sempet ganti baju 3x karena basah kuyup.

Selesai mandi, eh kok ya iseng si adib minta nge-pel gara-gara liat si mbak pegang kain pel.Sambil adib bantuin si mbak ngelap mainannya yang uda dikeringin.Aku nyiapin makan siang ma cemilan sore. Bikin parker house roll buat cemilan sore, resepnya dapet dari Joy the baker ,dan aku bikin setengah resep aja .

Parker House Roll
Bahan :
1.5 sdm air hangat
2 sdm gula pasir
1.25 sdm ragi instan
4 sdm unsalted butter
1/2 cup susu cair
1 cup tepung terigu protein tinggi
1/2 cup tepung terigu protein sedang

Cara :
1. Campurkan air hangat dan ragi instan, biarkan sampai keluar gelembung udara kecil dan biarkan minimal 5 menit, jika tidak, ganti ragi dengan yang baru, karena berarti ragi sudah rusak dan tidak bisa digunakan.
2. Lelehkan mentega dengan api kecil, tambahkan susu cair hingga hangat, matikan api. Tuang kedalam campuran ragi, aduk dengan sendok kayu ,masukkan gula dan tepung terigu protein tinggi aduk hingga merata.
3.Masukkan tepung terigu protein sedang dalam 2 tahapan, jika dirasa kurang, boleh ditambah 1/4 cup lagi, aduk dengan tangan hingga kalis elastis, sekitar 10 menit. Bentuk adonan menjadi bola besar, dan tutup dengan plastik wrap, biarkanΒ  mengembang menjadi 2x lipat, minimal 1 jam di ruang tertutup.
4. Kempeskan adonan dan bagi menjadi masing2 dengan berat 20-30gr, bulatkan menjadi bola-bola kecil, susun pada loyang yang sudah dioles sedikit mentega.Tutup dengan plastik wrap kembali dan biarkan mengembang minimal 30 menit.
5. Beri garis dengan menggunakan sumpit pada masing2 susunan bola, diamkan kembali adonan sekitar 15 menit. Step ini bisa kita skip kalo tidak menginginkan.
6. Oles bagian atas bola dengan sedikit margarin,Panggang dengan suhu 190dC selama 20-25 menit.

Habis makan siang, adib , aku dan ayah teler bareng-bareng, bangun pagi banget sih. Pas sore, pas banget buat nyicipin parker roll-nya πŸ™‚

Parker house roll-ku agak gosong bawahnya,sedih deh, tapi kata ayah, enak kok! Jarang-jarang dia liat gosong tapi bilang enak. Oh iya, ayah ini, kalo bilang ga enak, ya ga enak bikinanku, tapi kalo bilang enak ya enak dengan nilai 0-10, dan roti ini dapet deh nilai 7, jadi lumayan kan masih lulus πŸ˜€

Dioles/dicocol ke selai juga enak, roti simple lembut tanpa telur.

Btw, buat yg pengen konversi suhu, bisa diliat di sini

..:: diah Re ::..