Contribute to our beloved “pakde”

Tiba-tiba kangen berat ma masakan ibu, padahal pas wiken 3hari (22-24 april) kemaren ketemu ibu di yogja.Kita semua ketemuan di yogja mendadak. Pakde, kakak tertua di keluarga ibu, orang yang paling kami hormatin dalam keluarga besar kami, meninggal dunia. Meninggalnya di RSCM kencana Jakarta, tapi berhubung akan dimakamkan di Yogja, jadi aku, ayah & adib ikut rombongan ke yogja.

Pakde meninggal hari kamis tgl 21 april, pas banget hari Kartini dan adib lagi ngerayain hari kartini di sekolahnya dengan menggunakan baju Sakera, baju khas madura.Malam kamis (20 april), kita bertiga (aku, ayah & adib) sempat jenguk pakde, bahkan sempat bikin pakde ketawa. Dan kita juga heboh ceritain parkiran ala jepang di RSCM kencana itu dengan seluruh keluarga. Jam 9 malam, kita pamit pulang.

Kamis pagi, tiba-tiba ibuku telp, mengabari kalo pakde masuk IGD, dan ibu minta dicariin tiket ke jakarta untuk siang hari. Rutinitas berjalan, adib sekolah, ayah kerja ke Menara mulia, sedangkan aku meeting ke Gandaria, baru aja turun dari taxi tiba-tiba ditelp ibuku yang nangis-nangis, pakde meninggal dan kakak-kakaku belom ada yg tau, duh bimbang, ok meeting dulu, trus lanjut ke RSCM.

Sebelum ke RSCM, mampir rumah dulu, packing baju krn ayah yg uda di sana bareng adib, bilang kalo kita akan lanjut ke yogja ikut jenazah.Jam 3, jenazah dikawal dgn rombongan langsung ke bandara,karena parkir jauh, kita ketinggalan rombongan,jadi kita baru 30 menit dijalan sampe sudirman, rombongan uda sampe di bandara😦. Dan ternyata sore itu muaaaaaaaacet berat! jam 5:30 kita baru sampe bandara, untung belom ditinggal. Ternyata 1 pesawat dibooking untuk kami sekeluarga yang totalnya berjumlah 50 orang.

Prosesi pemakanan pakde hari jumat 22 april 2011, dilangsungkan dengan upacara militer. Al fatihah untukmu pakde, terimakasih atas apa yang sudah pakde berikan untuk keluarga besar Gaffar, kami ga akan pernah melupakan jasa pakde.

Ternyata panjang juga ceritanya… Inget pakde, inget banyak banget kesukaannya kalo lagi pulang madura. Semua masakan ibu selalu jadi andalan yang diminta untuk disajikan. Ayam panggang bumbu rujak ini adalah salah satu kesukaan kami.

Ayam panggang bumbu rujak

1 ekor ayam, potong menjadi 4 bagian (max 8 potong)
3 buah jeruk nipis
3 sdm kecap manis
4 lembar daun salam
Mentega untuk mengoles

Bumbu Halus :
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 cabe merah besar
3 cabe rawit (optional jika mau pedas)
3 cabe keriting (optional jika mau pedas)
10 buah kemiri (goreng terlebih dahulu)
Garam
Lada
Gula

Cara :
1. Lumuri ayam dengan jaruk nipis, biarkan 5 menit dan bilas ayam hingga bersih.
2. Haluskan bumbu halus, lebih mudah menggunakan blender bumbu.
3. Ungkep ayam dengan bumbu, tanpa menggunakan air selama 5-10 menit sambil diaduk,tambahkan dengan kecap manis .Ini bertujuan agar ayam tetap memiliki permukaan yang keras setelah dipanggang nanti.
4. Oles pinggan tahan panas dengan sedikit mentega, Susun ayam diatasnya, Lumuri merata dengan bumbu yang tersisa. Panggang dengan suhu 170dC selama 45 menit atau hingga matang. Sajikan dengan sambal kecap.

Simple banget kan ayam panggang ini🙂 Panas-panas dimakan dengan nasi hangat, mantabs! Bikin ayam kecap ini setelah pulang dari yogja.

..:: diah Re ::..

  1. Sedihnya….. Semoga Pakde diterima disisi Allah.. amien..
    Wah… Dasar hobi masak, teteuup aja Diah inget masakan (ayam bumbu rujak..) Hihihihi….

  2. amien, makasi vid :*
    soalnya bener-bener ni ayam dibikin abis dari YK, dan pas uda jadi, keinget deh, eh upload aja sekalian😀

    • inta-ummu arsa
    • May 11th, 2011

    mbaa, wahh kbeneran nih recipeny mo d contek.mo bikin lauk u ngaji. itu bnr y tanpa laos. sere??? *tau aja sere ma laos mhl dsini, hehee*

    • inta-ummu arsa
    • May 11th, 2011

    mb nanya lai, ngungkep cm 5-10 menit emg bisa bikin tu bumbu ngeresep? g hrs ayam kampuang kn? aq rencana tu mo ngungkep lama d presto. tp kmrn ku bikin ayam panggang di ungkep d presto pd muprul, walo tetep enak sihh

    • mba inta
      berhubung aku dipanggang, jadi biar ga benyek(keluar air banyak) ayamnya pas dipanggang, lebih baik di ungkep bentar aja, biar pinggiran (kulit) mengeras, jadi pas dipanggang, air yg keluar dikit, dan ayam jadi kelihatan kokoh.

      Tapi kalopun ga ada panggangan, bisa aja sih diungkep aja ampe bumbu habis dan meresap, kalo itu biasanya ditambahin air dikit, tapi nanti efek gosongnya ga kaya dipanggang ini ya mbak.

      Ini uda bumbu simple banget plus cepet deh bikinnya, bumbu halusin pake blender juga gpp. Proses nyiapinnya bentar banget, 15 menit jg uda siap dimasak. Tinggal disambi ama bikin sambelnya,mau kecap atau terasi atau malah saos botolan.

      Met pengajian ya mba, senangnya🙂

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: